image image image image image image image image

10 Langkah Tanam Sayuran di Taman

Tukang Taman Surabaya menanam sayuran di taman rumah
Image by Google
Pengunjung www.tukangtamandijakarta.com dikit menyimpang daripada taman rumah yang hanya memberikan keindahan tetapi masih dalam ruang lingkup taman rumah yang memanfaatkan lahan pekarangan atau lahan disekitar rumah anda.

yaitu sesuatu hal yang berkaitan dengan berkebun dengan sayuran. Hal ini bisa menyenangkan dan memberikan makanan segar yang lezat dan bergizi tinggi dan meminimalisir penggunaan pestisida.

Melihat ataupun memandangi sebuah tanaman dapat menambahkan dimensi baru kenikmatan hidup dan membawa kesadaran dunia indah alam di halaman belakang atau samping rumah anda dengan memanfaatkan lahan kosong.

Hal ini akan memberikan makna yang khusus bagi anda ketika memelihara benih kecil menjadi tanaman produktif berwarna-warni dengan tangan Anda sendiri yang tanpa harus ukuran taman yang luas .

Beberapa tanaman atau sebidang lahan akan memberikan pengalaman berharga bagi anda, sebuah kebun sayur yang tidak sulit dalam membuatnya.

Pengunjung Tukang Taman Surabaya yang setia, Sepuluh langkah yang harus diambil dengan hati-hati seperti di bawah ini akan memberikan hasil yang berlimpah dari sayuran yang berada dalam taman untuk bisa dikonsumsi sepanjang bulan, hal-hal yang harus dilakukan yaitu :

1.Memilih Lokasi Yang Baik
Memilih area dengan banyak sinar matahari pagi dan beberapa naungan pada waktu sore hari . Kebanyakan sayuran , terutama jenis yang berbuah , waktu yang terbaik adalah mendapat 6 jam sampai 8 jam dari paparan sinar matahari penuh .

Jenis tanaman yang berdaun dan sayuran akar akan sangat membutuhkan untuk berinteraksi dengan tanah. Jangan menanam kebun di bawah atau dekat pohon atau semak besar karena akar pohon yang besar menghisap kesuburan dan air dari sayuran .

Dan jangan menanam sayuran dilahan yang tersempit diantara rumah dan dinding . Jika memungkinkan, hindari juga menanam pada tanah liat berat dan tanah sangat berpasir .

Untuk mengetahui jenis tanah yang cocok untuk media tanam Anda pengunjung Tukang Taman Surabaya dapat menyimak di Artikel tentang 3 Jenis Tanah Untuk Media Tanam.

2.Merencanakan Tata Letak Taman Anda
Perencanaan ke depan akan membantu menghindari masalah dan membuat taman Anda sebagai pelengkap lanskap. Pertama , sketsa rencana luas taman yang akan anda ditanami sayuran. Tuliskan ukuran daerah atau lokasi yang akan ditanami sayuran. Ini adalah awal dari sebuah catatan berkebun.

Memilih jenis sayuran yang akan ditanam sesuai rencana,pastikan untuk mensisakan ruangan untuk tumbuh diantara tanaman lainnya . Bila perlu mencatat dan daftar tanggal tanam untuk setiap sayuran . Mengatur penanaman menurut periode panen dan karakteristik pertumbuhan setiap tanaman .

Tanaman sayuran yang berdekatan satu sama lain akan dipanen sekitar waktu yang sama . Menghindari tanaman yang berukuran tinggi memiliki warna yang lebih muda.

3.Memilih Jenis Varietas Sayuran
Keberhasilan berkebun dapat sangat dipengaruhi oleh varietas yang anda gunakan. Pilih dari daftar dianjurkan dan dari orang-orang yang lebih tahu untuk melakukannya dengan baik secara lokal. Ini adalah ide yang baik untuk mencoba satu atau dua varietas baru setiap tahunnya. Untuk Taman yang mini, coba varietas semak atau ukuran kecil dan yang lebih berwarna.

Sebelum penanaman anda harus menemukan dan membeli benih yang benar-benar memiliki kualitas yang unggul untuk benih dan persediaan kebun lainnya. Mencari referensi katalog benih bisa menjadi bantuan besar, tetapi pastikan varietas yang diadaptasi secara lokal.

Untuk mendapatkan benih, anda bisa membelinya dengan yang baru atau dengan benih anda sendiri yang sudah tersimpan dengan baik yang ditempatkan dalam stoples atau dalam kantong plastik dan disimpan dalam freezer atau tempat benar terjamin kualitas benihnya.

Transplantasi sayuran dapat dibeli di toko-toko taman, pilih tanaman yang sehat, kekar, menengah ukuran, dengan akar yang kuat dan yang bebas OPT. Hindari tanaman yang layu, kuning, kurus, terlalu besar atau memiliki bintik-bintik pada daun, lesi coklat pada batang atau knot / galls pada akar. 

Mendapatkan tanaman dalam wadah (pot, 6 atau 8 paket, band atau kotak) bila mungkin sehingga sistem akar yang utuh. Transplantasi tidak boleh terganggu apapun lebih dari yang diperlukan dan harus bisa dimulai di rumah jika diinginkan.

4.Mempersiapkan dan Merawat Tanah Dengan Benar
Tanah memberikan nutrisi dan air untuk tanaman. Jika bahan-bahan ini terbatas atau jika tanah kompak atau keras dan kering, ketika direndam dengan air dan masih tetap lengket ketika basah, maka tanaman tidak akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi tanah, campuran bahan organik dan pupuk ke dalam tanah sebelum tanam, dan mempersiapkan dan mengolah tanah ketika kering atau sedikit lembab (tidak basah saat).

Perlu anda ketahui pengunjung Tukang Taman Surabaya, bahwa bahan organik membuat tanah gembur (gembur) dan mudah untuk bekerja. Hal ini meningkatkan nutrisi dan air memegang kapasitas drainase.

Menyediakan pupuk kandang membusuk, kompos, dan pupuk daun biasanya digunakan bahan organik. Pupuk kompos mudah digunakan dan relatif bebas dari biji gulma. Oleskan lapisan bahan organik 2 sampai 3 inci tebal di area taman sekitar 1 sampai 2 bulan sebelum tanam, bekerja di atas 10-12 inci dari tanah. 

Sebuah penyiraman menyeluruh tanah saat ini membantu garam berbahaya resapan dari zona akar. Jika pupuk unggas digunakan, menerapkannya di tingkat setengah. Pupuk yang sejenis harus ditambahkan mengandung nitrogen dan fosfor untuk diterapkan sebelum tanam. Nutrisi ini akan menguntungkan sebagian besar tanaman taman. Meskipun tanah bervariasi dalam kesuburan, aplikasi pupuk yang khas akan

Dalam mempersiapkan persemaian tidak bekerja apabila tanah terlalu basah. Tunggu sampaicukup kering sehingga tanah akan hancur di tangan anda, itu tandanya tanah siap digunakan.

Ketika menanam sayuran dalam jarak dekat atau di mana tanah yang baik tidak tersedia, tanah buatan dapat digunakan. dengan komposisi tanah kebun ½ dan ½ campuran tanah buatan, pasir kasar, perlite atau vermiculite.
Menyebar pupuk nitrogen pada permukaan tanah sekitar 4 inci dari tanaman dan air dalam. Namun, terlalu banyak pupuk terlalu dekat dengan tanaman dapat melukai akar tanaman.

5.Menanam Sayuran Dengan Benar
Kebanyakan sayuran dimulai dari biji atau transplantasi. Benih dapat ditanam langsung ke dalam tanah kebun, sementara transplantasi dimulai di tempat lain dan kemudian ditanam ke kebun. Namun panen sayuran dapat diperoleh lebih cepat dengan transplantasi;

Namun, transplantasi harganya itu lebih mahal dan tanaman tertentu tidak dapat ditransplantasi dengan baik. Sayuran seperti asparagus, brokoli, kubis, kembang kol, terong, paprika, kentang manis dan tomat umumnya  dapat ditransplantasikan, tetapi perawatan harus diambil untuk meminimalkan pengeringan pada akar dan meminimalisir terjadi cedera pada akar.

Umumnya, kacang-kacangan, bit, wortel, mentimun, selada, muskmelons, bawang, kacang polong, labu, lobak, bayam, labu, jagung manis dan semangka yang dimulai menanam dengan bijinya.

Ketika tanam dengan cara transplantasi mengikuti petunjuk ringkas ini:
• Transplantasi pada hari berawan atau di malam hari.
• tanaman  harus ditangani dengan hati-hati. Sekitar satu jam sebelum tanam secara menyeluruh tanaman air dan tanah dalam wadah (panci, band, flat). Hati-hati memindah tanaman dari wadah jangan sampai mengganggu akar sesedikit mungkin. Dan cobalah untuk menjaga "bola tanah" di sekitar akar. Jauhkan akar lembab sepanjang waktu ketika mereka keluar dari tanah. Jika akar "pot terikat" menggoda mereka sebelum tanam.
• Menggali lubang yang cukup besar sehingga tanaman ditransplantasikan duduk sedikit lebih dalam dari itu tumbuh dalam wadah.
• Setelah tanaman diatur di dalam tanah, tuangkan sekitar 1 cangkir solusi sekitar akar setiap tanaman. Ketika gambut atau serat pot diatur dalam tanah tambahkan air yang cukup untuk melunakkan pot. Juga, putus materi pot berlebihan sehingga di bawah level tanah kebun untuk mencegah wicking air. Hapus semua plastik atau kayu band dari seluruh akar.
• Tutup akar dengan tanah dan mengencangkan tanah di sekitar tanaman.
• Melindungi tanaman selama beberapa hari dari matahari, angin atau dingin jika diperlukan.

6.Mengairi Dengan Hati-hati
Langkah yang keenam pengunjung Tukang Taman Surabaya adalah Irigasi diperlukan untuk semua tanaman taman di Arizona karena curah hujan terbatas dan tidak menentu. Cukup air untuk menjaga kelembaban tanah (tidak basah) di zona akar tanaman sepanjang musim tanam.

Fluktuasi yang berlebihan kelembaban tanah negatif mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas tanaman. Aplikasi pengairan biasanya perlu dilakukan untuk mencegah tanah menjadi terlalu kering.

Penyiraman yang tepat dapat dilakukan dengan mengamati tanaman dan tanah. Jangan biarkan tanaman menjadi stres, layu atau tumbuh lambat. Di sisi lain, terlalu banyak air, terutama pada tanah berat akan menyebabkan akar membusuk sehingga pertumbuhan yang buruk. Ketika tanah menjadi gembur pada meremas, saatnya untuk mengairi. Kelembaban yang dibutuhkan sekitar benih untuk tumbuh.

Sering penyiraman akan diperlukan untuk menjaga tanah cukup lembab dan mencegah pengerasan kulit dari permukaan. Lapisan tiga inci mulsa organik akan membantu mencegah penguapan. Jangan letakkan mulsa di atas bibit atau transplantasi, tapi di sekitar tanaman saja sebagai tanaman yang baru tumbuh, periode penyiraman harus lebih lama, memungkinkan penetrasi lebih dalam melalui zona akar.

Menentukan kedalaman air dengan sekop atau menyelidikinya dengan tongkat, sekop atau tongkat besi. Kebanyakan sayuran berakar dangkal dan menggunakan air yang berukuran 12 sampai 24 inci dari permukaan tanah.

Perlu anda ketahui lagi pengunjung Tukang Taman Surabaya, bahwa frekuensi penyiraman tergantung pada banyak hal. Sebuah tanaman yang berakar besar membutuhkan lebih banyak air daripada tanaman kecil. Seperti halnya tanaman sayuran yang berakar dangkal seperti ; kubis, bawang, selada, jagung perlu diairi lebih sering daripada sayuran berakar (asparagus, tomat, semangka).

Tanah bertekstur kasar (tanah liat berpasir) perlu diairi lebih sering daripada bertekstur halus (tanah liat atau lumpur tanah liat). Tanaman harus disiram lebih sering selama periode panas dari periode dingin. Dalam situasi rata-rata selama cuaca hangat, perendaman yang baik dari tanah setiap 5 sampai 7 hari harus memberikan hasil yang memuaskan dengan tanaman yang ditanam.

Ada beberapa metode irigasi berikut yang umum digunakan: alur, sprinkler, selang soaker dan drip (tetesan). Metode alur memberikan air bersama barisan tanaman. Air harus disimpan dalam alur yang cukup panjang untuk kelembaban untuk benar-benar menyusup tanah dari zona akar.

Pengunjung Tukang Taman Surabaya bahwa Sistem emitor dan selang soaker menerapkan air melalui selang yang terletak di samping barisan tanaman.

Jika metode penyiraman membasahi dedaunan tanaman, mengairi di pagi hari sehingga tanaman memiliki waktu untuk kering di siang hari. Hal ini akan mengurangi masalah penyakit. Jika penyiraman dilakukan pada Malam hari maka penyiraman tersebut dapat mendorong pertumbuhan penyakit.

Tanaman yang tumbuh dalam wadah harus diawasi lebih ketat untuk kebutuhan air karena akar media pot rentan terhadapa keadaan suhu media akar yang lebih ekstrim. Menjaga tanah lembab tetapi tidak sampai kelebihan air. Membuat lubang di sisi dan atau bagian bawah wadah untuk drainase dan udara.


7. Mulsa sebagai pengendali gulma
Apa itu mulsa....?
Mulsa adalah adalah material penutup tanaman budidaya yang dimaksudkan untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma dan penyakit sehingga membuat tanaman tumbuh dengan baik. (Red wikipedia)

Perlu anda ketahui bahwa gulma yang tumbuh bersaing dengan sayuran untuk mendapatkan air, nutrisi dan cahaya. Gulma juga sering sebagai pelabuhan serangga dan penyakit.

Dua cara penting untuk menekan gulma di dalam dan sekitar taman anda. Gulma kecil lebih mudah untuk mengontrolnya dari pada apabila sudah tumbuh besar. Ketika gulma memulai tumbuh banyak dapat menyebabkan banyak penyakit pada tanaman utama anda.

Fungsi mulsa Selain mengendalikan gulma, juga bisa berfungsi sebagai pupuk, bisa menghemat air, mengatur suhu tanah dan menjaga sayuran bersih. Bahan mulsa termasuk daun, jerami, serbuk gergaji, kayu chip, kardus, koran, kertas robek, karpet tua, dan kertas dan terpal plastik.

Pada saat penanaman bahan-bahan dari mulas disebarkan di sekitar tanaman. Dengan kertas atau plastik lembaran bahan yang diluncurkan pada persemaian disiapkan sebagai penutup permukaan tanah.

Bibit dan transplantasi ditanam melalui lubang di jarak yang diinginkan. Air dapat diterapkan dari sisi melalui alur irigasi atau dengan tetesan / tabung infus atau selang yang diletakkan bawah mulsa.

8.Bersiaplah Untuk Hama dan Masalahnya
Masalah yang muncul pada taman dapat diminimalkan dengan dipersiapkannya pengendalian pada tanamn. Mempelajari tentang serangga dan penyakit yang umumnya terjadi di daerah dan mempelajari metode pengendalian.

Dan memungkinkan untuk memilih varietas yang tahan terhadap penyakit. Atau masalah tanah dapat dikurangi jika langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya anda ikuti, namun penyakit pada tanaman dapat muncul lebih awal jika manajemen yang tepat tidak diikuti.

Anda juga bisa menyimak Artikel Tentang 3 Tips Menjaga Kesehatan Tanaman Hias.

Suhu tinggi dan penyiraman dangkal sering menimbulkan masalah terutama saat penanaman dibuat terlambat di musim semi atau terlalu dini di musim gugur. Juga, karena suhu meningkat maka masalah hama akan menyerang. 

Apabila anda ingin belajar lebih banyak dan detail mungkin anda bisa merefrensi dari buku, buletin yang lebih profesional dibidang bercocok tanam. Pengalaman adalah guru terbaik tentang bagaimana untuk menangani masalah ini. Merekam dan mencatat dalam perawatan berkebun akan membantu di masa depan ketika masalah akan terjadi lagi.

9.Panen Pada Kualitas Puncak.
Pekerjaan belum akan selesai sampai sayuran yang berkualitas selesai dipanen dari kebun. Ketika buah atau sayuran dari hasil kerja keras anda rasakan, maka akan sangat bernilai semua usaha anda. Dan itu akan memberikan kepuasan tersendiri terhadap jiwa anda.

Kebanyakan sayuran akan memang berkualitas jika anda memanennya tepat pada waktunya. Belajarlah untuk memanen dalam waktu yang tepat pada setiap tanaman agar sayuran atau buah yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan apabila tidak tepat dalam memanen maka sayuran atau buah tidak memiliki rasa dan tekstur yang anda inginkan.

10.Menjaga Kualitas Hasil Panen
Untuk menjaga kualitas setelah panen, menangani sayuran dengan penuh hati-hati terutama saat penyimpanan, berjenis sayuran seperti ; asparagus, brokoli, tanaman berdaun, kacang polong dan jagung manis maka suhu penyimpanan di bawah 40 ° F , untuk tomat, paprika, mentimun dan terong sekitar 55 ° F.

Demikian sedikit ulasan dari kami tentang 10 Langkah Tanam Sayuran di Taman 

Ya...walaupun kata-kata masih acak adul tidak tertata dengan rapi, tetapi tetap memberikan manfaat bagi anda pengunjung Tukang Taman Jakarta yang sudi mampir di blog kami yang sederhana dan banyak kekurangan.

Akhir kutipan artikel mohon maaf dan terima kasih buat semuanya...See next time.
Kami melayani dan mendesign taman rumah sesuai Imaginasi anda, call 0882-1140-7026